Belajar Budaya Suku Li dan Miao Hainan

Belajar Budaya Suku Li dan Miao Hainan
Sumber: www.detik.com

Tahukah kamu, bahwa Pulau Hainan di China memiliki suku asli yang mendiami Hainan yang bernama Li dan Miao. Walau tergolong minoritas, desa mereka justru menarik hati banyak wisatawan untuk datang. Desa Yetian adalah lokasi sempurna untuk mendalami budaya dan tradisi suku-suku minoritas tersebut.

Suku Li dan Miao memiliki beberapa budaya yang unik loh, Xplorers! Apa aja ya kira-kira? Yuk simak artikel dibawah ini..

1. Tradisi Memberi Salam


Image result for tradisi hainan
Sumber : www.detik.com

Ternyata Suku Li & Miao memiliki cara memberikan salam yang unik loh Xplorers. Cara salamnya yaitu dengan memegang telinganya. Sang pemilik rumah akan memegang telinga tamu dan tamu tersebut membalas memegang telinga si pemilik rumah, yang artinya ia akan tinggal di rumah itu.

2. Gadis yang harus bisa menenun

Sumber : www.sindonews.com

Gadis Suku Li & Miao harus bisa menenun, karena kalau tidak bisa mereka tidak boleh menikah! Pada zaman dahulu kala, hasil tenunan yang indah itu tidak dijual, tetapi dikhususkan ntuk raja-raja. Makanya Suku ini juga dikenal dengan hasil tenunan yang sangat indah.

3. Kerajinan Keramik

Sumber : www.turez.id

Berbagai kerajinan juga dibuat di sana, salah satunya kerajinan keramik. Kerajinan keramik Suku Li dan Miao ini juga mendapatkan status sebagai the World Intangible Culture Heritage dari Unesco.

Comments

Popular Posts